Senin, 01 Oktober 2012

Rujak Cingur

Masih terbayang rasa mantap dan kentalnya bumbu petis rujak cingur bikinan Oma Bisma.. wuuh sedap banget. Maklum yang bikin asli orang jawa timur (Oma kan dari Malang). Saya ingat dulu waktu ke Malang ke rumah keluarga besar suami, siang2 bolong saya ditawari Bude (kakak Oma) rujak. Semangat dong ditawarin rujak (hobi banget!), dan ternyata yg datang RUJAK CINGUR, hehe padahal bayangan saya bakal dikasih rujak buah2an dengan bumbu gula merah itu. Ngga apa-apa, untung enak juga tuh, yaa itu gara2 beda istilah penyebutan aja.

Ngomongin cingur, harga si hidung sapi ini ternyata cukup mahal, Rp.60rb/kg. Padahal harga daging klo ngga salah Rp.70rb/kg. Harga cingur sepadan dengan rasa enak dan kenyal2 seru.

cingur, sayuran rebus,
timun mentah, tahu tempe
Setelah dicampur bumbu petis,, wOw
Semalam rame2 makan rujak cingur bikinan sendiri. Racikan tadi malam tidak pakai pisang batu yg harusnya diuleg bareng bumbu petis. Tapi tanpa itu juga sudah enak banget koq! Saya malah lupa rasanya bagaimana kalau pakai pisang batu.

Bantuin oma di dapur saya jadi tau dan belajar gimana cara bikinnya,, Ngga terlalu susah seperti yg selama ini saya pikir, tapi dibilang gampang banget juga ngga sih.
Seperti biasa,, resep takaran bahan2 saya catat kiralogi aja,, alias dikira2 sendiri ngga pake takaran pasti, pokoknya secukupnya.

Bahan :

  1. Cingur, direbus/presto, goreng, potong kecil2
  2. Sayuran rebus : kacang panjang, bayam/kangkung
  3. Timun diiris kecil
  4. Tahu tempe, digoreng, potong dadu
  5. Petis, ini the most important thing :)
  6. Kacang tanah. digoreng, haluskan
  7. Cabai merah dan cabai rawit (sesuai selera)
  8. Asam jawa
  9. Terasi
  10. Garam dan gula

Cara :

  • Uleg halus : cabai, garam, gula, terasi
  • Masukkan kacang tanah dan asam jawa. Uleg
  • Tambahkan air secukupnya
  • Tambahkan petis. Campur rata

Bumbu petis jadi deh! Setelah itu campurkan dengan sayuran, cingur, tahu tempe, dll.
This is it ! Rujak Cingur ala Oma Bisma!  (farahquin.mode ON)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar