Rabu, 24 Oktober 2012

Jagal Ayam Kampung !

Dalam rangka menyambut Lebaran Haji, idul adha, Opa beli ayam kampung dari Pak Markus supir Opa, 2 ekor pejantan. Euuh sebenernya paling males deh ngerjain ayam potong mulai dari hidup gini. Bisa ngerusak selera makannya nanti.. hehe.

Untungnya ada mbak Mul, pembantu baru, yg disuruh Oma urus rendam ayam dan cabutin bulunya, mabok deh kalo ngerjain sendiri. Pak RT bantu sembelih aja.

Sudah bugil giliran saya yang "kerja"
Setelah 2 ekor ayam itu bugil, masih hangat2 baru deh saya yang potong2 dan bersihin isi perut. Maklum ngga biasa, jadi agak mual hiks, apalagi waktu bersihin ujungnya usus (tau kaannn??)  dan bersihin ampela (bisa nemu harta karun paku atau kancing).

berbekal talenan, pisau dapur dan asahan
(pisau agak tumpul dan kurang besar) 

Ini kedua kalinya saya potong ayam utuh, masih sibuk mengingat cara tukang jual ayam di pasar cekatan memotong ayam. Juga teringat kakak perempuan saya yang punya rumah makan ayam crispy, terbiasa memotong ayam broiler berekor2. Lalu saat membersihkan ampela teringat temen kos di Bogor dlu yang cekatan bersihkan ampela utuh. (Dan membayangkan ayam ini jadi opor khas ibu saya).

potongan siap masak, beres, bersih  :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar