Selasa, 23 Oktober 2012

Perkembangan Motorik Anak

Gerakan motorik yaitu perilaku gerakan yang dilakukan tubuh manusia. Terdapat 2 jenis gerakan motorik = halus dan kasar. Tahapan perkembangan kemampuan motorik balita pada umumnya dijabarkan sebagai berikut :

Usia 1-2 tahun
* Motorik Kasar :
Merangkak, berdiri, berjalan, berjalan cepat, cepat-cepat duduk agar tidak jatuh, merangkak di tangga, berdiri di kursi tanpa pegangan, melempar bola, menarik dan mendorong benda berat.

* Motorik Halus :
Mengambil benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk, membuka 2-3 halaman buku secara bersamaan, menyusun menara balok, memindahkan air dari satu gelas ke gelas lain, belajar memakai kaus kaki sendiri, menyalakan TV dan bermain remote, belajar mengupas pisang.

Usia 2-3 tahun
* Motorik Kasar :
Melompat-lompat, berjalan mundur, jinjit, menendang bola, memanjat meja atau tempat tidur, naik tangga, melompat di anak tangga terakhir, berdiri dengan satu kaki.

* Motorik Halus :
Mencoret-coret dengan satu tangan, menggambar garis tak beraturan, memegang pensil, belajar menggunting, mangancingkan baju, memakai baju sendiri.

Usia 3-4 tahun
* Motorik Kasar :
Melompat dengan satu kaki, berjalan menyusuri papan, menangkap bola besar, mengendarai sepeda.

* Motorik Halus :
Menggambar manusia, mencuci tangan sendiri, membentuk benda dari plastisin, membuat garis lurus dan lingkaran cukup rapi.

Usia 4 - 5 tahun
* Motorik Kasar 
Menuruni tangga dengan cepat, berjalan mundur seimbang, melompati rintangan, melempar dan menangkap bola, melambungkan bola.

* Motorik Halus
Menggunting dengan cukup baik, melipat amplop, membawa gelas tanpa menumpahkan isinya, memasukkan benang ke lubang besar.


Setelah baca artikel itu dan membandingkan dengan tahap perkembangan Bisma, ternyata tidak selalu sesuai (tapi yg sesuai jg banyak). Misalnya di tahap usia 2-3 tahun biasanya anak sudah belajar menggunting, mangancingkan baju, memakai baju sendiri, sedangkan Bisma belum bisa menggunting, sama sekali belum bisa mengancingkan baju, pakai celana sendiri sudah bisa tapi belum lancar dan masih sering emosi, pakai baju sendiri belum bisa.

Di tahap usia 1-2 tahun seharusnya bisa memainkan remote dan belajar mengupas pisang, sedangkan Bisma di usia itu belum bisa melakukan hal tersebut.
Saya anggap masih normal karena masih banyak kemampuan Bisma yang lain sesuai dengan tahapan kemampuan usianya, bahkan mungkin beberapa kemampuan sudah dikuasai sebelum masanya, seperti menghafal warna dan bentuk.

Mungkin, selain faktor kematangan (melewati tiap tahap) kemampuan anak juga sangat dipengaruhi faktor lingkungannya, kebiasaan dalam keluarga, rangsangan dari orang dewasa sekitar untuk melatih kemampuannya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar