Rabu, 12 September 2012

Bisma's Schoolday

Bulan Juli 2012 Bisma genap 3 tahun, sudah boleh daftar 'sekolah' Kelompok Bermain (playgroup). Sekolah yg dipilih alhamdulillah bisa dicapai dengan jalan kaki (lebih hemat dan sehat), harga masih terjangkau (tidak murah tapi tidak terlalu mahal juga) dan standar aktivitas bermain belajar menurut saya tergolong baik. Namanya PAUD TKIT As Syifa.

Jadwal masuk Kelompok Bermain : Senin, Rabu, Jumat pk.08.00 - 11.00. Dimulai dengan berbaris sambil membaca doa dan janji, bernyanyi sambil mengenal teman2. Kemudian masuk kelas dan mulai  pelajaran, bisa belajar wudhu dan sholat, atau baca buku cerita, senam, mewarnai, melipat, menempel, merobek kertas bekas, main balok, puzzle, bowling, pernah juga main air. Seru dan bisa diikuti Bisma. Yang jelas untuk anak Kelompok Bermain belum dikenalkan belajar calistung (baca tulis hitung) karena memang belum saatnya, itu membuat saya lega dan tenang. Sekitar jam 09.30 anak2 dipersilakan mencuci tangan dan membuka bekal makanan ringan dan minuman.

Hari pertama Bisma berangkat sekolah agak malas2an, tapi ternyata sampai di sekolah bisa ikut duduk rapi dan berbaris, apalagi ketemu ayunan dan perosotan wah seneng banget (mainan outdoor kebetulan cuma dua itu). Biasanya kalau jam istirahat Bisma suka sekali lari2.

Seneng sekali lihat dia bisa gabung main bersama temen2 (anak2 TK yg lebih tua dari dia). Karena itu  memang salah satu tujuan saya menyekolahkan Bisma untuk memperluas pergaulan (belajar sosialisasi lebih luas). Dan yang buat saya bangga, Bisma berani ikut kegiatan tanpa harus saya dampingi terus, Alhamdulillah, sedangkan 2 anak lain yg setingkat Bisma masih harus didampingi pengasuhnya. Bisma paling semangat kalau saat pulang dapat hadiah stiker atau stempel di tangan (setiap anak pasti dapat setelah diberi kuis yg mudah). 

1st Schoolday : agak bete
1st Schoolday : sampe sekolah happy
ketemu ayunan
2nd Schoolday : Main air warna
2nd Schoolday : 3 plastik boneka air
3rd Schoolday : Belajar sholat jamaah
3rd Schoolday : Centil saat istirahat
3rd Schoolday : Belajar pegang spidol coret2
3rd Schoolday : Lari2 dan main
bola kertas saat istirahat
4th Schoolday : Tempat Minum Baru

1 komentar: