Rabu, 21 Maret 2012

Taman Obat Keluarga

Obat2an herbal lebih alami dan relatif aman tanpa efek samping. Manfaatkan sebagian area kebun untuk menanam tanaman obat yang bisa difungsikan sebagai tanaman hias juga. Kebanyakan malah tanaman obat mudah tumbuh di mana saja (liar). Berikut tanaman obat wajib tanam di rumah dan tips penggunaan (sumber dari Endah Lasmadiwati, Taman Sringanis) :
  • Daun Sirih : Tanaman obat yang merambat bisa untuk dinding dan pagar. Air rebusan daun sirih bermanfaat untuk obat batuk, bronchitis, menghilangkan bau badan, pendarahan pada gusi, gatal pada mata. Air perasannya bisa mengobati luka bakar.
  • Daun Dewa : selain ditanam di tanah, daun dewa juga bagus ditanam di pot. Rebusan daun dewa bisa mengobati disentri, obat batuk, dan kejang panas. Daun atau umbi tumbuknya bisa menghentikan perdarahannya dan menghilangkan lebam pada luka memar dan berdarah
  • Sambiloto : lebih cantik bila ditanam secara bergerombol. Daun sambiloto mengobati typus, infeksi mulut, radang saluran napas, sakit gigi, kencing manis. Perasan daunnya bisa mematikan dan mengeluarkan benda atau serangga kecil yang masuk ke telinga secara tak sengaja.
  • Pacar Air : bunganya cantik warna warni, tanaman ini bisa mengobati bisul, radang kulit, luka memar, bengkak, sakit perut, dan peluruh haid. HIlangan duri yg tertelan dengan mengunyah akar tanaman dengan air hangat.
  • Daun Sendok : sarinya mengobati sariawan pada anak, batuk rejan dan kering, susah buang air besar. Akarnya mengobati salah urat (dicampur minyak kelapa) dan keputihan.
Tanaman hias yang berfungsi sebagai tanaman obat juga :
  • Bougenville : meminum air rebusan kulit batang pohonnya bisa memperlancar peredaran darah, mengobati keputihan, haid tidak teratur dan hepatitis.
  • Soka : kulit dari tanaman ini digunakan sebagai astringen dan penenang rahim (pada haid berlebihan), bekerja langsung pada serat otot rahim. 
  • Miana : air rebusan miana dicampur adas dan pulosari bisa mengobati wasir
(tips lebih lengkap baca di link tabloid nova di atas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar