Senin, 19 Maret 2012

Talkshow "Perempuan & Wirausaha" Nova

Dalam rangka membangkitkan semangat bisnis wirausaha lagi, saya hadir di Talkshow "Perempuan dan Wirausaha" yang diadakan Tabloid Nova di Kompas Gramedia Fair Istora Senayan. Berangkat dari Terminal Pinang Ranti dengan busway jam 8 pagi hari Sabtu relatif tidak terlalu penuh (beda dengan waktu pulang jam 3 sore, ya ampun,, penumpang busway udah mirip ikan teri sekilo dalam plastik) . Turun di halte Semanggi dan transit di halte BenHil, wah lumayan jauh banget jalan kakinya,, untung masih pagi fresh full energi  :) naik dari BenHil turun di halte GOR BK dan jalan kaki lagi deh.
bawa contekan di hp,
maklum baru pertama kali sendirian di busway
Pembicaranya Wulan Ayodya, penulis buku "15 Hari Bisa Jadi Pengusaha". Dimulai dari ragam alasan wanita ingin punya usaha : menambah penghasilan keluarga, menghasilkan uang sambil mengurus keluarga, mengisi waktu, menyalurkan hobi, ingin jadi pengusaha.
Pada umumnya dasar pemilihan usaha berdasarkan : tren, follower, peluang. Tapi sebaiknya kita memilih usaha atas dasar : 1) passion, kecintaan, hobi; 2) mahir; 3) pengalaman, kegiatan yang telah ditekuni; 4) pendidikan baik informal maupun formal; 5) peluang, kesempatan yg datang; 6) tren, hal yang sedang digemari. Setelah memilih bidang usaha, ketahui kbutuhan yang bisa dipenuhi, masalah yang dapat diselesaikan, mengerti keunggulan produk kita. 
Cara mewujudkan hobi jadi usaha : tentukan ide usaha dengan menggali hobi pada sebuah bidang, temukan kebutuhannya, beri sentuhan kreatif dan inovatif. Kemudian buat perencanaan usaha : lokasi strategis, peralatan dan fasilitas, perijinan, modal usaha, pengelolaan, pendukung usaha lain.
Bagusnya tepat dengan keyword Passion to Action. Otak langsung nyambi mikir what is my passion ? can it be my business?

Saya sempatkan ikut kursus kilat Paper Quiling di stand Nova, gratis karena klub Nova. Mata puyeng melinting kertas, tangan juga perlu dilatih supaya ngga kaku megang kertas kecil2 dan tipis, perlu ketekunan dan sabar, tapi yaa kalo hobi tak akan berat rasanya. Hasil melinting kertas direkatkan, bisa dibentuk jadi hiasan dinding, bros, anting, hiasan toples atau boks.
pengajar Paper Quiling

hasil melinting kertas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar