Minggu, 24 April 2011

Kuliner @ Bandung - Bandung part 4

     Kenyang cemil2 di kereta perjalanan menuju Bandung, jadi makan siang saat nyampe di Bandung cukup nyicip gado2 langganan si Ayah waktu kerja di deket situ. Enak dan isinya banyak banget dengan harga Rp.12.000. Disantap bertiga dengan bumbu kacang terpisah walopun ngga pedes, sambelnya itu yang mantap pedesnya. Kerupuknya lebih lucu lagi, bukan kerupuk ikan kaya'nya, tapi rasa ikan, mungkin sengaja (atau ngga sengaja?) digoreng dengan minyak bekas goreng ikan? hehe tapi yang jelas bikin tambah enak (emang dasar omnivora aja!).
Sambil nunggu gado2 dibungkus, beli kue ijo2 (kata yangti dan oma itu namanya kue tet**), waw favorit banget nih, pinggirnya krispi, dan manisnya pas! Rp.5000 dapet 8 biji.

kue ijo2, masa' sih namanya kue tet** ??
gado-gado dibungkus makan di hotel

     Makan siang berikutnya di Rumah Makan Sunda Bang Jun, sebenernya singgah situ karena numpang neduh karena keujanan pulang dari Ciater. Lesehan di atas dipan dan disuguhi teh hangat tawar, hmm. Menu andalan di situ Sate Kambing Muda, dan emang bener pantas jadi andalan karena enak banget, satenya empuk! apalagi pake bumbu sambal kecap,,
Menu lain nyobain karedok situ yang ternyata pedes banget (enakan karedok bikinan Yangti Bisma) dan usus goreng, berhadiah sambel dan lalapan seger, timunnya habis sama Bisma!. Waw Bisma makannya lahap banget pake nasi hangat2 dan belut goreng kering!

Sate kambing muda, karedok, usus goreng, belut goreng, sambel dan lalapan
"mmm" (enak) lahap makan timun, nasi, dan belut goreng

       Jalan2 malam di Bandung muter2 singgah ke jl.Purnawarman, di Merdeka Arcade ada "Bakar celup". Buffet Rp.69.000/orang. Waktu itu lagi sepi, cuma kita bertiga yang heboh makan di situ hehe. Ambil sepuasnya dan dimasak sendiri.
Ada 2 kompor, salah satunya untuk wajan panggang, sebelum masak wajan dikasih fat (lemak) sapi yang mengeluarkan minyak untuk memanggang (jadi sebenernya itu menggoreng ya? kan pake minyak walopun sedikit). Kompor 1 lagi untuk masak steamboat dan tom yam pake 1 panci untuk 2 jenis kuah itu. Sajiannya ada 2 saos, yang satu untuk celup menu panggangan, satu lagi untuk menu steamboat.
Sebenernya pengen akan menu panggangan lagi, tapi cape manggangnya hehe apalagi si Bisma rewel ngantuk, huu ngga asik deh.
Puas makan2, boleh ambil desert, es cincau hitam pake santan. Ada minuman sarsaparila juga, seru.
Manggang udang, daging, ayam, ampela
Ayah bikin steamboat dan tom yam


     Makan siang hari terakhir di Bandung, lahap Batagor Siomay di jl. Burangrang. Rame banget. Walopun ada menu baru batagor kuah, tapi tetep pesen batagor siomay yg bumbu kacang. Waw,, mantap banget rasanya,, Two thumbs up ! Bisma juga suka banget, pastinya ngga pake bumbu kacang karena ternyata waktu disajikan udah dicampur sambal jadi pedes banget (padahal si Ayah ngga pesen pedes tuh?). Oiya, disini lagi2 ketemu minuman sarsaparilla yang unik itu (ini khas Bandung apa gimana?)

hmm,, menu bikin ngacai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar