Jumat, 20 April 2012

Kelakuan Aneh Bisma

Mengingat kelakuan aneh Bisma beberapa bulan yang lalu, sudah sangat berkurang saat ini. Waktu itu bener2 parah,, anak error orang tua bingung hehe. Berikut tulisan "curhat" saya waktu itu :

========
November 2011
Kelakuan aneh Bisma dimulai sejak masa penyapihan, terbangun malam dan rewel, sebelum disapih kalau terbangun malam pasti ketemu nenen, sejak masa penyapihan jadi ngga ketemu, jadilah nangis2 di tengah malam, supaya tidur lagi lumayan lama, harus digendong dan dialihkan perhatiannya, kadang kalau masih sore kita ajak naik motor.
Awalnya rewel malam cuma nangis, lama2 nangis ditambah marah ngamuk. Betapa mengganggu orang lain di jam tengah malam bgitu. Pusing mikirin anak ditambah mikirin orang lain yg terusik.
Melewati masa sapih selama 2 bulan ini masih sering kali terbangun malam, tapi tidak selalu, kadang2 sukses tidur sampai pagi tanpa kerewelan. Masa ini sangat sulit, seringkali mengamuk ditambah melempar barang. Saat marah bgitu seringkali tidak mau digendong apalagi dipeluk, malah tambah berontak.

Terakhir ini Bisma sudah mulai bisa bicara, kelakuan aneh bertambah : "mengusir" ayah ibunya keluar dari kamar, tapi kalau sudah ditinggal Bisma malah nangis dan triak2 memanggil, saat didatangi lagi dia akan mnegusir lagi untuk keluar kamar. Ngga smua orang bisa dekati Bisma kalau lagi mengamuk, apalagi menolong,, wah,, susah banget. Ayahnya terbangun dari tidur mau gendong Bisma malah disuruh tidur lagi, ngga boleh bangun. Kalau sudah mengamuk bisa keras sampai 30 menit, 1 jam, 1.5 jam, pernah nyaris 2 jam.

Terkadang saat sudah mau digendong Bisma ngga mau turun2, ngga mau ganti orang yg menggendong (biasanya selalu ibu yg diminta gendong), ibunya yg gendong ngga boleh ganti tangan untuk gendong, ngga boleh duduk. Kalau masih marah saat digendong dia sering "menyetir" kesini kesitu dengan tujuan yg ngga jelas, bilang kesini tapi ngga mau, bilang ke situ tapi ngga mau. Bgitu juga dengan barang, minta diambilkan tapi kemudian ngga mau, kadang diambilkan barang yg diminta lalu dilempar. Ngga jarang keributan ini terjadi di tengah malam, malu, bgitu mengusik tidur orang lain. Malam ribut bisa jadi siang sore ribut lagi, ngga tentu.

Sekarang2 lagi susah disuruh mandi, buka baju untuk mandi, sampai pakai baju bersih setelah mandi. Setelah dipakaikan baju bersih minta dilepas lagi, bajunya ditarik2. Seringkali jadi pemaksaan karena sudah terlalu lama dituruti dan dibujuk ngga berhasil, jadilah pakai/lepas baju paksa. Sungguh melelahkan, dan sering merasa bersalah memaksa2. Sering bertanya2, apakah ini akan mempengaruhi psikologi anak? benarkah tindakan pendisiplinan ini?

Apa benar ini masa2 anak membantah ? Tapi ini sudah berlebihan dan kadang membahayakan.
Seringkali berpikir "ada yg dirasakan" Bisma, entah itu sakit badan atau "ada yg ganggu". Banyak saran dari beberapa keluarga dan tetangga, untuk "mengobati gangguan" yang bukan sakit badan.
=====

Tidak ada komentar:

Posting Komentar