Jumat, 20 April 2012

Info Hamil : Nyeri ulu hati, sembelit, dan kram

Seorang teman (lagi) bertanya keluhannya seputar hamil, kenapa ulu hati-nya nyeri?
Penyebab nyeri ulu hati pada ibu hamil (heartburn) adalah naiknya asam lambung ke esofagus (menuju tenggorokan) hal ini terjadi karena penurunan lambung dan tertekan oleh janin. Pencegahan : kurangi gerakan membungkuk, jangan makan pedas2, jangan makan tergesa2 dan terlalu banyak, jangan mengkonsumsi makanan ber-gas seperti kubis, nangka, sawi, durian, jangan makan dlu menjelang tidur, jika tidur terlentang sangga kepala dengan bantal yg cukup.

Selain nyeri ulu hati, ada juga sembelit (susah BAB), disebabkan karena peningkatan penyerapan air di usus dan akibat konsumsi tablet zat besi, juga karena usus tertekan rahim. Hal ini bisa dicegah dengan banyak minum air putih, perbanyak gerak badan (terutama senam hamil).

Mengapa ibu hamil sering kram kaki atau pegal2 paha?
Pegal2 pada umumnya disebabkan karena kurang kalsium dan kurang gerak. Rutin senam hamil dan cukupi kebutuhan kalsium dengan suplemen tambahan dan vitamin, konsumsi susu dan pisang untuk meningkatkan pemasukan potassium. 
Kram kaki bisa disebabkan karena terlalu lelah, berdiri terlalu lama, atau karena kurang gerak akibatnya aliran darah tidak lancar. Duduk dan lepas alas kaki, angkat telapak kaki yang sakit, pijat jemari ke arah atas perlahan. Hindari terlalu lama berjalan dengan sepatu hak tinggi, selain rawan kecelakaan juga karena menyebabkan otot betis memendek dan menyebabkan kram betis.
Bila terjadi serangan kram otot paha belakang, luruskan lutut dan angkat kaki ke depan perlahan. Sedangkan untuk serangan kram paha depan, tekuk lutut perlahan dengan cara menaikkan tungkai bawah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar