Jumat, 30 November 2012

Schoolday : Penyuluhan Kanker Serviks

23 Nov'12
Datang ke sekolah untuk jemput Bisma langsung dapat informasi sepulang sekolah ibu-ibu diharap berkumpul untuk mendengarkan "penyuluhan kanker serviks". Semangat karena saya belum pernah ikut tema ini. Jadi saya mengumpulkan segenap sisa tenaga (karena habis jalan2 sama bunda Farel dan Mama Lila)  dan berjuang menenangkan Bisma yang udah pengen pulang ke rumah.

Kanker Seviks yaitu penyakit yang menyerang mulut rahim. Bisa dideteksi melalu pap smear bagi wanita yang sudah menikah atau pernah hubungan seksual. Angka penderita cukup tinggi terutama di Indonesia (8 dari 10 wanita dideteksi menderita kanker serviks). 

Penyebab kanker serviks adalah : genetik, pola makan, dan kebersihan. Tapi ternyata pembalut yang salah/tidak sehat merupakan penyebab terbesarnya. Faktornya selain kebersihan pembalut, juga zat kimianya yang kurang aman (zat pemutih dan lem industri).

Membedah pembalut
Pembalut biasa mengandung zat pemutih
terlihat saat direndam, airnya menjadi putih keruh
Saya terkesima dengan fakta adanya zat pemutih di pembalut yang biasa di pasaran itu bisa dibuktikan langsung. Pembalut "dibongkar", terlihat lapisan seperti gumpalan kapas kemudian dijelaskan kapas tersebut adalah hasil daur ulang kapas sampah (yang pasti kotor) lalu dibersihkan (pasti melewati proses zat kimia) dan diberi zat pemutih.

Kapas tersebut diuji, direndam di air biasa, terlihat perubahan air menjadi putih keruh. Selain itu kapas juga nyaris hancur. Lem perekat pembalut biasanya terbuat dari lem industri yang jelas kurang aman untuk kesehatan jangka panjang. 

Sebelum dibongkar, dilakukan pengujian serapan cairan. Pembalut dituang sejumlah air, menyerap tapi tidak kering. Berarti saat dipakai wanita mestruasi kondisi tidak kering tersebut meninbulkan kelembaban berlebih yang merupakan "sarang" bakteri atau kuman.

Hal-hal ganjil ini yang menyebabkan harga pembalut di Indonesia sangat murah meriah, tidak terjamin halal, juga menyebabkan penyakit bila digunakan jangka panjang.

Pembalut pembanding diuji rendam tidak membuat air menjadi putih keruh juga tidak hancur. Terdapat lapisan hijau yang ternyata adalah anion (ion negatif) merupakan senyawa udara yang baik untuk menetralisir penyakit di dalam tubuh (bila sakit, tubuh kelebihan ion positif). Lem perekatnya adalah lem gum terbuat dari gel rumput laut yang jelas aman (food grade). Halal karena bukan merupakan daur ulang sampah yang tidak jelas.

Si presenter kemudian mengeluarkan kemasan produk pembalut sehat dan halal tersebut. Namanya Love Moon Anion. Well... Barulah saya mengerti kenapa bukan petugas kesehatan yang datang menjelaskan.  Jelas ini adalah pihak komersil menjual produk (yang biasanya tidak murah) dan sistem multi level marketing.

Sejujurnya agak kecewa merasa terjebak. Karena dengan polosnya mengira acara ini murni informasi, bukan jualan produk apalagi menarik member untuk sistem multi level marketing. Mungkin juga salah dengar bahwa ini adalah acara penyuluhan.
Ambil sisi positifnya saja, banyak informasi yang saya dapat dan lebih waspada pada pemakaian pembalut.

Ada lapisan Anion, obat multifungsi
Kemasan produk : Pembalut Day, Night, dan Pantyliner
Alat deteksi dini kanker serviks
Saya mencoba beli 1 bungkus pantyliner seharga 60rb isi 30 pcs. Bonus 1 pcs alat deteksi, semacam kertas lakmus yang akan berubah warna semakin gelap kalau ternyata lendir organ wanita dalam kondisi tidak normal karena penyakit. Mahal, tapi berusaha mengingat pentingnya investasi kesehatan organ kewanitaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar