Jumat, 20 Mei 2011

Separating Bisma from Bubis

     Maksudnya mengurangi ketergantungan Bisma untuk nenen alias sapih. And i got my sentence : "menyapih adalah perjuangan!!"  fiuuhh..   Diperparah lagi, Bisma ngotot banget ngga mau nge-dot susu. boro2 nge-dot, susu aja ngga doyan.. kacau...

Memang bener, perkembangan dan sifat sikap anak beda2. Ada yg bilang, susah menyapih sampai 3 tahun,, ada yg bilang setaun anaknya udah ngga mau nenen lg degan sendirinya. Yang lain bilang 1,5 taun disapih hanya dalam waktu 3 hari atau seminggu. Tapi untuk Bisma,, hampir 1 bulan ini masih berjuang,, pelan2,, hehe
Kemajuan sebenernya dimulai dari umur 18 bln (1,5 taun) sudah sangat berkurang minta nenen waktu naik motor. Umur 20 bln (maret '11) sudah ngga minta nenen diluar rumah.

Perjuangan dimulai dari umur 21 bln (april'11), memaksa Bisma mengurangi frekuensi nenen di dalam rumah, yang tadinya setiap saat minta langsung dikasih, sekarang ngga boleh selain waktu tidur siang dan tidur malem. Dan itu alhamdulillah berhasil dengan sedikit perjuangan, sering2 menolak, sedih tapi harus.
Umur 22bln (mei'11) ditingkatkan lagi, nenen tidur siang dikurangi. Jadi tinggal tidur malam aja. Yang ini lumayan berat, nangis ngamuk2 di siang bolong itu udah ngga kehitung. Lama2 kebiasaan tidur digendong pake slendang lagi (haha kya bayi dulu!). Bangun tidur sering badmood karena ngga ketemu si "sahabat". 

Ayo Bisma,, kmu bisaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar