Selasa, 28 Februari 2012

Bisma's Schooling

Keliling cari playgroup untuk Bisma, niatnya sih pengen masuk playgroup (kelompok bermain) untuk mengisi waktu, belajar berbaur dengan lingkungan luar (ya ibunya ya anaknya!), sekaligus dapat stimulasi belajar bermain.
Umur 2thn 7 bulan dinilai belum "pantas" masuk playgroup. Seharusnya di atas 3 thn! jadi ngga heran banyak playgroup yang nolak Bisma. Jadi dari awal ditekankan bahwa ini bukan untuk belajar wajib, tidak ada pemaksaan utk Bisma belajar huruf dan angka, tidak ada test, hanya pengenalan saja.

Yang bikin heran, ada ibu2 lain ngaku masukin anaknya mulai dari 2thn, ada yg 2.5th. Dan beritanya masuk TK sudah bisa baca tulis (wah,, saya kaget juga! karena setau saya jaman dulu ya TK itu tempat belajar baca tulis, jadi masuk TK ya belum bisa baca tulis,, hm, beda jaman ya..). Hadapi fakta ini ngeri juga dan mulai timbul pertanyaan2 khawatir "apa Bisma akan terlambat?" "Kapan harus saya push untuk belajar baca tulis?" "Apa sekolah ini normal?" "Bagaimana Bisma nanti?"  bla bla. Khawatir ini muncul karena saya sebagai ibu merasa bertanggung jawab atas pendidikan anak, apalagi sering dengar usia 3 tahun pertama adalah usia emas untuk mengembangkan otak.

Teman memberi masukan, bahwa belum saatnya anak2 umur dini di"jejali" pendidikan baca tulis karena masih umur2 bermain, anak bisa stress, ini juga fakta dari psikolog anak. Dari sini saya sedikit lebih santai jadinya. Bismillah,, semoga semuanya berjalan lancar. Tidak ada pemaksaan karena ini memang belum cukup umur. Anak2 itu seperti spons yang siap menyerap apa yang kita ajarkan, berbekal optimisme ini saya menanti umur yang cukup dan siap untuk pelajaran baca tulis dan dapat diserap secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar