Selasa, 28 Februari 2012

Contekan Kelompok Bermain Belajar Baca

Kelompok yang ini lebih banyak belajar baca-tulis-iqro. Bagus, tapi belum sesuai buat Bisma, belum waktunya. Tetap ada nilai positif yang bisa saya ambil. Jadi punya bahan contekan cara memberi stimulasi di rumah. Hanya saja kalau belajar sendiri di rumah tidak bersama teman rame2 (belajar sosialisasi). Ngga apa2, insyaAllah nanti ada waktunya.

Masuk dari Senin sampai Kamis, jam 08.00-10.00. Senin materinya pengenalan huruf; Selasa materinya pengenalan angka/berhitung; Rabu Olahraga; Kamis ketrampilan / sholat.
Memulai kegiatan dengan mengumpulkan anak2 di belakang area belajar, untuk menggerakan badan bernyanyi bersama. Berbaris dan kadang diselipkan pertanyaan2 materi. Senin diperiksa kuku (sudah bersih dan potong kuku belum?), rambut (sudah keramas belum?), gigi (sudah gosok gigi belum?).

Anak2 duduk kembali ke area belajar, belum mulai belajar tapi dipersilakan sarapan dulu bagi yang belum. Diberi waktu cukup, selesai ngga selesai sarapan harus ditinggalkan dan mulai doa belajar. Bu guru menulis materi di papan tulis (misal huruf A B C D - Z atau 1 2 3 - 10) tanya jawab, setelah itu menebalkan di buku tugas. Bu guru memberi perhatian pada tiap murid saat menebalkan. Buku dikumpul kemudian mulai belajar huruf hijaiyah (iqro), baca satu per satu ke ibu guru dengan buku iqro masing2. Terakhir belajar doa-doa sehari2.

Pelajaran selesai, membaca doa penutup, anak2 berkumpul di ibu guru, kadang ditest ringan ttg materi hari ini, kemudian salam tangan ibu guru dan dapat bonus stempel bintang biru di punggung tangan kiri dan kanan, langsung pulang deh..
Sip, semoga bisa saya contoh untuk belajar Bisma di rumah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar